101 Classical Themes for Violin (VIOLON)

101 Classical Themes for Violin (VIOLON)

Seni Sebutkan dan jelaskan pola lagu pentatonis Laras Slendro​

Sebutkan dan jelaskan pola lagu pentatonis Laras Slendro​

Salah satu jenis dari tangga nada pentatonis yang digunakan pada gamelan adalah slendro. Pada laras slendro, pola dari tangga nada yang digunakan adalah 1 - 2  - 3 - 5 - 6 atau C - D - E - G - A.

Pembahasan

Tangga nada adalah salah satu unsur utama dalam seni musik yang juga memiliki peranan penting dalam penciptaan komposisi lagu karena tangga nada ini akan menciptakan kesan pada lagu. Tangga nada ini pada dasarnya adalah susunan nada yang disusun menggunakan jarak atau interval nada tertentu. Seperti yang sudah disebutkan di atas, penggunaan dari tangga nada ini harus dipilih dengan bijaksana karena setiap tangga nada harus disesuaikan dengan tema dan isi yang ada pada lagu tersebut. Salah satu jenis dari tangga nada yang bisa digunakan pada komposisi lagu adalah tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang tersusun dari 5 buah nada dan juga merupakan jenis tangga nada yang paling umum digunakan pada lagu yang diciptakan di era modern. Tangga nada pentatonis ini juga digunakan pada gamelan Jawa.

Berikut adalah jenis dari tangga nada pentatonis pada gamelan:

  • Slendro: jenis tangga nada yang akan menghasilkan lagu dengan kesan semangat dan riang gembira. Contoh dari lagu yang menggunakan tangga nada slendro adalah Lir Ilir.
  • Pelog: jenis tangga nada yang terbentuk dari nada C - E - F - G - B. Tangga nada pelog akan menciptakan lagu dengan kesan yang tenang. Contoh dari lagu yang menggunakan tangga nada pelog adalah Pitik Kutung.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang tangga nada pelog dan slendro https://brainly.co.id/tugas/15863330
  2. Materi tentang tangga nada diatonis mayor dan minor https://brainly.co.id/tugas/26414801
  3. Materi tentang pengertian teknik vokal dalam seni musik https://brainly.co.id/tugas/11792663

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni budaya

Bab: 4 - Teknik Bermain Musik Tradisional

Kode: 8.19.4

#AyoBelajar #SPJ2 

[answer.2.content]